Syariah

Avatar humas tasbih

PEMBAHASAN BAB 3 ANTARA SABAR DAN SAKIT KITAB MUKAASYAFATUL QULUB

Barangsiapa yang ingin selamat dari siksa Allah swt, memperoleh pahala, Anugerah dan rahmat-Nya serta masuk ke dalam surge-Nya, maka hendaklah ia menahan nafsunya dari kesengan-kesengan dunia dan bersabar terhadap penderitaan dan musibah yang menimpanya.
Allah swt berfirman: “Allah menyukai orang-orang yang sabar” (QS. Ali Imran: 146)

Sabar itu dapat dikualifikasikan menjadi 3(tiga) bagian yaitu:
1. Sabar dalam memjalankan ketaatan kepada Allah swt
3. Sabar dalam menjauhi larangan-larangan Allah swt
4. Sabar terhadap musibah

Avatar humas tasbih

MUKAASYAFATUL QULUB BAB 2, TAKUT KEPADA ALLAH

Abu Laits brkata: “ Allah swt mempunyai malaikat-malaikat yang ada di Langit. Sejak mereka diciptakan, mereka selalu sujud kepada Allah swt sampai hari kiamat.” Rasa takut mereka akan menyalahi perintah Allah swt membuat persendian mereka menjadi gemetar. Ketika hari kiamat tiba, mereka mengangkat kepala mereka seraya berkata: “Maha suci Engkau, rasanya kami belum mengabdi sepenuhnya kepada-Mu. “ Itulah maksud dari firman Allah swt. : “Mereka takut kepada Tuhan mereka yang berkuasa atas mereka, dan melaksanakan apa yang diperintahkan (Kepada Mereka) (QS. An-Nahk:50)

Maksudnya adalah mereka tidak pernah mendurhakai Allah swt barang sedikitpun walau hanya sekejab mata. Rasulullah saw bersabsa: “Ketika tubuh seseorang bergetar karena takut kepada Allah swt, maka dosa-dosanya menjadi berguguran, sebagaimana rontoknya dedaunan dari suatu pohon.

Avatar humas tasbih

MUKAASYAFATULQULUB, BAB 1, AL-KHAUF (TAKUT)

Dijelaskan dalam sebuh hadis nabi bahwa Nabi saw Bersabda: " Allah swt telah menciptakan malaikat dengan memiliki sayap. Sebuah sayap di belahan Timur, dan sayap yang satunya lagi berada di belahan dunia bagian barat. Kepalanya berada di bawah Arasy, sementara kakinya menginjak di bumi yang ke tujuh (Bumi yang paling bawah). Ia memiliki bulu-bulu sebanyak jumlah bilangan mahluk Allah swt. Apabila ada orang laki-laki dan perempuan dari umatku yang membaca shalawat kepada Ku, maka Allah swt. Memerintahkan kepada malaikat itu agar menyelam kedalam lautan cahaya di bawah Arasy. Kemudian ia keluar dari dalam lautan cahaya itu sambil mengibas-ngibaskan sayapnya. Maka meneteslah percikan-percikan air cahaya dari setiap bulunya. Allah swt menjadikan dari setiap itu sebagai malaikat yang beristigfar (memohonkan ampun) baginya (Orang yang membaca Shalawat tersebut) sampai hari kiamat."

Avatar humas tasbih

TERJEMAHAN KITAB MUKAASYAFATUL QULUB KARYA IMAM AL-GHAZALI

Assalamualaikum saudaraku, Kitab KITAB MUKAASYAFATUL QULUB merupakan salah satu karya dari Imam Al-Ghazali yang khusus membahas tentang ilmu Tasawuf. Kitab MUKAASYAFATUL QULUB (Menyingkap Rahasia Kalbu) karangan Imam Al Ghazali ini insyaallah akan saya tuliskan secara lengkap di blog "Para Pejalan" ini secara lengkap.

Avatar humas tasbih

*Penjelasan KH Sholeh Darat (semarang) tentang Thariqah

Memahami thariqah (orang umum biasanya menulis tarekat) memang tidak mudah. Selain banyak definisi dan penjelasannya, thariqah merupakan jalan menuju Tuhan.

Dalam agama Islam, tahapan menuju Allah itu dikenal dengan tiga langkah: syariah, thariqah dan haqiqah. Langkah religius ini dijalani dengan tahapan-tahapan spiritual sebagaimana dilukiskan dalam syi'ir teologi-sufistik Syaikh Zainuddin bin Ali bin Ahmad Al Malabari (872-928 H) dalam Kitab Hidayatul Adzkiya':
ان الطريق شريعة وطريقة * وحقيقة فاسمع لها ما مثلا

Tulisan ini mencoba menjelaskan ulasan KH Muhammad Sholeh bin Umar (Mbah Sholeh Darat) mengenai thariqah. Dalam kitab karnya berjudul Minhajul Atqiya' fi Syarhi Ma'rifatil Adzkiya' ila Thariqatil Auliya' dijelaskan tentang thariqah. Mbah Sholeh Darat menguraikan sya'ir Syaikh Zauniddin Al Malabari berikut:
وطريقة أخذ باحوط كالورع * وعزيمة كرياضة متبتلا

Halaman

mdti - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.