Hikmah

Avatar humas tasbih

KEAJAIBAN SHALAWAT DI ALAM BARZAKH

Sejumlah dalil menunjukkan bahwa amalan-amalan tertentu yang biasa kita amalkan di dunia akan diubah oleh Allah SWT dalam wujud makhluk di alam barzakh maupun di akhirat kelak.

Dikisahkan oleh Syekh Syibli bahwa setelah salah seorang tetangganya wafat, ia bermimpi tentangnya, dan dalam mimpi itu ia bertanya kepada tetangganya itu: "Apa yang Allah perbuat terhadapmu?" Ia menjawab: "Wahai Syekh! Kengerian-kengerian luar biasa yang aku saksikan di dalam kubur dan aku dibuat sangat menderita karenanya. Aku sampai tidak bisa berkata-kata ketika ku lihat malaikat Munkar wa Nakir.

Aku berkata dalam diriku, 'Aduhai celakanya aku! Apakah azab benar-benar telah menghampiriku?' Di dunia aku adalah seorang Muslim dan wafat dalam agama Islam'. Kedua malaikat itu memintaku menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dengan keras. Tiba-tiba muncul seorang lelaki berwajah indah dan beraroma harum dan menempatkan dirinya di antara aku dan kedua malaikat itu.

Avatar humas tasbih

TIGA GOLONGAN YANG TIDAK PERLU DITANGGAPI

Imam Ghazali RA dalam kitab Ayyuhal Walad menyebutkan ada empat golongan manusia ketika mengajukan pertanyaan dan bantahan.

Tiga golongan tidak perlu ditanggapi dan di jawab pertanyaan serta bantahaannya, sedangkan satu golongan harus untuk ditanggapi dan dijawab pertanyaannya.

Avatar humas tasbih

Sulitnya menempuh Jalan Ruhaniyyah (Thariqah)

Hendaknya sepenuhnya kalian sadari bahwa menempuh Jalan Ruhaniyyah tidaklah memberi kalian keuntungan duniawi [materi] sedikitpun. Kalian tidak dibayar sedikitpun untuk ini. Tak seorangpun akan memberi kalian pangkat jabatan. Tak ada mahkota yang menanti kalian disana. Tak ada yang akan “memahkotai” kalian. Dan kalian tak bakal jadi presiden atau raja karenanya. Hanya satu yang diberikan ke tangan kalian, dan itu adalah tali kekang atas ego kalian.

Nyatanya, adakah suatu pencapaian yang lebih besar dari mampu menahankan apa-apa yang tak menyenangkan ego kalian dan melakukan yang berlawanan dengan hasrat ego kalian? Apa-apa yang teramat sangat dicintai [diinginkan] seseorang maka hal itulah yang merupakan hasrat egonya. Karena itu, untuk menolak apa-apa yang dihasratkan ego merupakan sesuatu yang sangatlah tidak mudah. Kita hendaknya menolak apa-apa yang dicintai ego kita dan mengosongkan hati [kalbu] kita dari segala sesuatu yang diminta ego kita. Hanya dengan berlaku demikianlah maka kita akan mampu mempelajari adab yang baik yang Syaikh kita menginginkan kita mendapatkannya.

Avatar humas tasbih

Jadilah Suci

Kita tengah mengingat Allah dan tempat ini menjadi penuh dengan para Malaikat yang mengingat Allah pula hingga Hari Kiamat.
لا يقعد قوم يذكرون الله إلا حفتهم الملائكة ، وغشيتهم الرحمة ، ونزلت عليهم السكينة ، وذكرهم الله فيمن عنده
Tidaklah sekelompok orang duduk untuk mengingat Allah, melainkan para Malaikat akan mengelilingi mereka dan mereka akan diselimuti kasih sayang, dan ketenangan akan turun pada mereka dan Allah akan mengingat mereka sebagai orang-orang yang bersama-Nya. (HR. Muslim)

Fadhilah SEDEKAH

Kenapa Seorang Mayit Memilih “BERSEDEKAH” Jika Bisa Kembali Hidup ke Dunia?*Sebagaimana firman Allah: رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ*”Wahai Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda [kematian]ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah…”* {QS. Al Munafiqun: 10}Kenapa dia tdk mengatakan, “Maka aku dapat melaksanakan umroh” atau “Maka aku dapat melakukan sholat atau puasa” dll?. Berkata para ulama, *Tidaklah seorang mayit menyebutkan “sedekah” kecuali karena dia melihat besarnya pahala dan imbas baiknya setelah dia meninggal…*Maka, perbanyaklah bersedekah, karena seorang mukmin akan berada dibawah naungan sedekahnnya…Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda, *“Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya, hingga diputuskan perkara-perkara di antara manusia.”* (HR.

Halaman

mdti - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.