Fiqih

Jenis zakat dan kadar penghitungannya

>Islam
>Merdeka
>Berakal dan baligh
*>Hartanya memenuhi nisab _(zakat Mal dan sejenisnya)_

Seorang muslim yang mampu secara ekonomi wajib menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya, baik melalui panitia zakat maupun didistribusikan sendiri. Hukum zakat adalah wajib bila mampu secara finansial dan telah mencapai batas minimal bayar zakat atau nisab.

1. Zakat Fitrah
-Zakat Fitrah Berupa Beras
Zakat Fitrah per orang = 3,5 liter atau 2,5 kg makanan pokok disesuaikan dgn culture/kebiasaan (beras, gandum dsb).

Hukum Lupa atau Ragu Baca Tasbih dalam Shalat Tasbih

Hukum Lupa atau Ragu Baca Tasbih dalam Shalat TasbihDi dalam sholat Tasbih ada tempat-tempat di mana kita diharuskan untuk membaca tasbih dengan jumlah tertentu. Seperti kita diharuskan untuk membaca tasbih pada saat sebelum ruku’, di waktu ruku’, saat itidal, di saat sujud dan seterusnya.Hanya saja terkadang kita lupa membaca tasbih itu di tempat-tempat yang ditentukan. Atau bisa jadi kita juga lupa atau ragu dengan jumlah tasbih yang telah kita baca.Pembaca yang budiman, lupa itu sangat manusiawi. Demikian halnya dengan ragu. Karena keduanya kadang hinggap begitu saja di luar dugaan dan datangnya tak dikehendaki. Dalam konteks sembahyang tasbih, ulama memberikan arahan secara teknis bagi mereka yang lupa atau ragu dalam membaca tasbih.Keterangan teknis in bisa kita temukan dalam Hasyiyatul Bujairimi alal Khatib atau Tuhfatul Habib ala Syarhil Khatib karya Syekh Sulaiman Al-Bujairimi. Keterangannya kami kutip sebagai berikut.وإذا شك في عدد مرات التسبيح أخذ باليقين ، ويقدم ذكر كل ركن على تسبيحه ق ل . وقوله لم يسبح في السجود أي في السجود السهو أي تسبيح صلاة التسبيح .

Kisah Seorang Wali Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Kisah Seorang Wali Peringati Maulid Nabi Muhammad SAWSyahdan, suatu masa hidup seorang muda pada zaman Amirul Mukminin Harun Ar-Rasyid berkuasa. Pemuda ini berperangai buruk. Banyak perilakunya tidak menarik simpati penduduk Bashrah. Ia bukanlah pemuda idaman masyarakat. Penduduk kota tersebut kehilangan empati terhadapnya.Karena perilakunya yang tidak terpuji dan banyaknya maksiat terang-terangan itu, ia kehilangan wibawa di tengah masyarakat. Penduduk memandang rendah kepadanya. Tak satupun anggota masyarakat yang peduli kepadanya.Namun demikian seorang muda ini selalu tampil lebih baik saat bulan Rabi‘ul Awal tiba. Ia berdandan perlente. Ia mencuci pakaian yang dikenakannya. Ia mengenakan wangi-wangian pada pakaiannya. Rambutnya disisir dengan rapi. Ia bercermin untuk memastikan penampilannya yang terbaik.Apakah yang dilakukan pemuda ini selanjutnya? Di luar dugaan masyarakat ia mengadakan jamuan kenduri. Di tengah jamuan itu ia meminta sejumlah penduduk untuk membacakan maulid atau sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW.Perjamuan kenduri semacam ini ia lakukan sepanjang usianya setiap kali bulan Rabi‘ul Awal tiba.

mdti - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.